Kedatangan Kloter Pamungkas Lombok, Menutup Pelaksanaan Haji 2024

9 Jul 2024 oleh Winda Galuh Desfianti | dilihat 2896 kali

NTB (PHU) -- Dengan tibanya jemaah haji Kloter 13 Pamungkas asal Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Bima Selasa, 09 Juli 2024 menjadi penutup seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan pemulangan jemaah haji tahun 2024.

Ketua Tim Bina Haji Reguler Kanwil Kemenag Provinsi NTB Sukri mengungkapkan ada 117 jemaah haji kloter 13 yang tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid. “ Kondisi kesehatan jemaah haji yang sehat sebanyak 114 orang dan yang sakit sebanyak 2 orang (masih dirawat di RS Saudi Arabia), Tanazul sebanyak 1 orang (dari kloter 8), Pengguna kursi roda sebanyak 7 orang. Jumlah total Jemaah waktu berangkat sebanyak 118 orang,“ Ungkap Sukri.

“Alhamdulillah jemaah haji selama di tanah suci, semua jemaah semangat dalam beribadah dan selalu kompak mengikuti jadwal yang ditetapkan,“ papar Sukri.

jika ada kendala, Sukri mengungkapkan ada langkah -langkah penyelesaian dimana ada beberapa jemaah yang membutuhkan perhatian khusus karena lansia dan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Kepulangan Kloter 13 menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA5213 REG PK-GIH dengan route Madinah - Kualanamu –Lombok dengan jumlah jemaah 120 termasuk petugas yang terdiri dari 3 orang. “ Sampai kloter 13 masih ada tersisa 5 jemaah haji masih dirawat di rumah sakit di tanah suci,” Ujar Sukri.

“Sampai saat ini telah tercatat 6 jemaah haji yang meninggal dunia. Dimana 5 orang meninggal dunia di tanah suci dan 1 orang meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke tanah air yaitu ketika Kloter 12 kemarin ketika transit di Bandara Kualanangu di Medan yang mengalami kritis dan meninggal dunia,“ tutupnya.