Kemenag - Pemprov Malut Bahas Pesiapan Operasional Jelang Musim Haji 1445H

24 Mar 2024 oleh Husni Anggoro | dilihat 238 kali

Ternate (PHU)--Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) bersama Pemerintah Provinsi Melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melakukan rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan operasional haji 1445 H / 2024 M di Aula Utama Asrama Haji Transit Ternate pada Minggu (24/03/2024).

Rakor yang dipandu langsung Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Malut Samsuddin Fatahuddin tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut, H. Amar Manaf, Plt Karo Kesra Seta Malut, H. Mukhlis Jailani, para Ketua Tim Kerja Bidang PHU dan pegawai Bidang PHU dan Kesra Setda Malut.

Karo Kesra Mukhlis Jailani memaparkan terkait dengan koordinasi yang telah dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari pihak maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, Pihak Bandara (Angkasa Pura), Angkasa Pura Logistik dan Asrama Haji Makassar. Selain itu pada kesempatan itu Karo Kesra juga memaparkan bahwa telah ada penawaran dari berbagai maskapai penerbangan yang nantinya akan digunakan oleh para jemaah haji.

"Beberapa maskapai telah menawarkan sebagai angkutan jemaah haji dari Malut ke Embarkasi Makassar," kata Mukhlis.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Malut mengatakan bahwa waktu yang dimiliki panitia untuk mempersiapkan keberangkatan para calon jamaah haji sudah semakin singkat, oleh karena itu menurut Kakanwil kita sudah harus segera melakukan pertemuan dengan maskapai untuk memfinalkan soal transportasi dan akomodasi jemaah.

"Dengan begitu maka pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota bisa segera melakukan skema pembiayaan perjalanan para tamu Allah tersebut," ujar Amar.

Suasana rapat menjadi semakin aktif saat sudah memasuki sesi diskusi dengan berbagai tanggapan dan saran yang disampaikan dari bidang-bidang yang memegang tanggung jawab untuk mengurus transportasi dan akomodasi para jemaah haji Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan Rakor diakhiri dengan pembacaan do'a selamat atas pembangunan gedung Aula Utama yang baru oleh Imam Masjid Asrama Haji serta buka puasa bersama.