Haji 2024, Sebanyak 14.506 Jemaah Haji Jabar Telah Tiba di Tanah Air

29 Jun 2024 oleh Benny Andriyos | dilihat 1228 kali

Bekasi (PHU)--Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah sekaligus Sekretaris PPIH Debarkasi Jawa Barat Boy Hari Novian mengatakan memasuki hari kesebelas pemulangan Jemaah haji Indonesia, sebanyak 14.506 jemaah haji Jawa Barat telah sampai di daerahnya masing-masing.

"Berdasarkan data Siskohat dari Debarkasi Jakarta Bekasi dan Debarkasi Indramayu sebanyak 14.506 jemaah haji Jawa Barat telah sampai di daerahnya masing-masing. Jumlah ini terdiri dari Jemaah haji JKS berjumlah 9.233 jemaah haji yang terbagi dalam 21 kloter dan Jemaah haji KJT berjumlah 5.273 jemaah haji yang terbagi dalam 12 kloter," kata Boy, Sabtu (29/6/2024).

Ia menambahkan masih ada 42 kloter JKS dan 18 kloter KJT yang berada di tanah suci. "Jemaah haji Jawa Barat terdiri dari 93 kloter yang dibagi dalam 2 debarkasi yaitu 63 kloter JKS dan 30 kloter KJT," ucapnya.

"Secara umum kondisi kesehatan para Jemaah haji yang sampai di Debarkasi relatif baik dan sehat. Saya harapkan sesampainya di rumah masing-masing, para Jemaah haji dapat beristirahat terlebih dahulu sebelum melakukan rutinitasnya," harapnya.

Untuk Jemaah haji yang wafat di tanah suci, lanjut Boy ada 47 Jemaah haji yang wafat di Madinah, Mekkah, Mina, dan Jeddah. Semua sudah diproses sesuai dengan aturan dan langsung dilaporkan oleh petugas kloternya termasuk berkoordinasi dengan pihak keluarga.

Menjelang pemulangan jemaah haji gelombang 2 yang akan dimulai pada 5 Juli 2024, Boy berpesan agar Jemaah haji yang masih di tanah suci untuk tetap menjaga kesehatannya.

"Saya mengingatkan kepada para Jemaah haji yang masih di tanah suci untuk tetap menjaga kesehatannya dengan mengatur ritme aktivitas ibadahnya. Jangan melakukan kegiatan yang menguras tenaga secara berlebihan, gunakan waktu yang ada untuk beristirahat," imbau Boy.

Sebagai informasi, jadwal pemulangan Jemaah haji Debarkasi Jakarta Bekasi (JKS) Jawa Barat akan berakhir pada 21 Juli 2024 dan 22 Juli 2024 untuk Jemaah haji Debarkasi Indramayu (KJT).

Editor : Tree Agung Nugroho