Usai Laksanakan Rukun dan Wajib Haji Jemaah Haji Bukittinggi Bersiap Menuju Madinah

27 Jun 2024 oleh Husni Anggoro | dilihat 13224 kali

Makkah (PHU) ---Usai melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji 393 jemaah haji kloter 11 Embarkasi Padang akan bertolak menuju Madinah, besok, Kamis (27/6/2024).

Ketua Kloter Padang PDG 11, Tamrin, menyampaikan, jemaah haji dari Bukittinggi dan Padang, yang tergabung dalam Kloter PDG 11, telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, mulai dari umrah wajib, terutama rukun haji, wukuf di Arafah, Tawaf Ifadah dan Sai, serta wajib wajib haji. Selanjutnya, sesuai jadwal, jemaah akan berangkat menuju Kota Madinah, untuk melaksanakan serangkaian ibadah di Kota Madinah.

“Alhamdulillah, jemaah haji kita dari kloter Padang 11, dari Bukittinggi dan Padang, telah selesai melaksanakan rukun haji. Alhamdulillah, semua lancar. InsyaAllah, besok (Kamis -red) kita akan berangkat menuju Madinah, diperkirakan berangkat sekitar pukul 07.00 WAS,” ungkapnya, saat rapat persiapan di hotel kawasan Makkah, Rabu (26/6/2024).

Sebelum ke Madinah, lanjutnya, petugas kloter bersama ketua rombongan dan ketua regu, memastikan kembali seluruh jamaah, terkait pelaksanaan tawaf wada’. Sehingga, sebelum berangkat rangkaian ibadah haji itu, termasuk taqaf wada’ sebagai tawaf perpisahan, tidak terlewatkan oleh jamaah, termasuk larangan larangan ihram yang dilakukan jamaah.

“Kita pastikan kembali jamaah kita sudah lakulan tawaf wada, terakhir malam ini. Yang boleh tidak laksanakan tawaf wada’, wanita yang sedang haid, lansia yang uzur dan tidak sanggup serta jemaah yang sakit parah. Karena hal ini, jadi wajib haji. Kita juga tanyakan pada jemaah, apakah ada yang terkena larangan ihram, terutama saat pelaksanaan umrah wajib dan rukun haji, ini juga kita komunikasikan,” jelasnya yang juga ditambahkan, pembimbimlng ibadah, Ustadz Ulyadi.

Menurut jadwal, jemaah haji kloter Padang 11, akan menuju Madinah besok. Selanjutnya, jamaah akan bertolak kembali ke tanah air pada tanggal 5 Juli 2024. (Ofik/Syafrial)