April Usai Idul Fitri, Jemaah Haji Kota Parepare akan Laksanakan Manasik

24 Mar 2024 oleh Amnia Salma | dilihat 1440 kali

Parepare (PHU) -– Pemberangkatan jemaah haji tahun 2024 semakin dekat, persiapan demi persiapan semakin dimaksimalkan termasuk manasik haji sebagai bekal yang harus dimiliki seluruh jemaah agar bisa menjadi jemaah haji mandiri meski tetap didampingi oleh petugas.

Setelah selesainya seluruh rangkaian kegiatan Pramanasik Haji baik di tingkat kota maupun di tingkat kecamatan, jemaah haji Kota Parepare kembali akan dibekali dengan berbagai ilmu dan pengalaman terkait haji pada kegiataan Manasik Haji setelah lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Sesuai hasil rapat Seksi PHU pada pertengahan Maret lalu, Manasik Haji akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 25 April 2024 untuk tingkat kecamatan, sementara untuk tingkat kota akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 April 2024 di Kantor Kemenag Kota Parepare dan Rujab Wali Kota Parepare.

Sesuai jadwal dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, pelaksanaan Manasik Tingkat Kota Parepare pada tanggal 27 April 2024 akan dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Sulsel.

Pelaksanaan Manasik Haji nantinya menggunakan Dana Pengelolaan Keuangan Operasional Haji (PKOH) dan sudah ada di rekening khusus PKOH.

Kakan Kemenag Parepare berharap sinergitas harus selalu diakukan agar seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka persiapan pemberangkatan jemaah haji dapat berjalan dengan sukses.

Ia memberikan apresiasi atas kesuksesan seluruh rangkaian pelaksanaan Pramanasik Haji yang telah diikuti oleh seluruh jemaah baik di tingkat kota maupun di tingkat kecamatan.

Ia berharap pelaksanaan Manasik Haji juga akan berjalan dengan baik dan seluruh jemaah akan mengikuti sehingga mereka dapat menjadi jemaah haji mandiri sesuai yang diharapkan bersama.

Petugas haji memang ada dan selalu siap mendampingi jemaah mulai saat di tanah air maupun saat di tanah suci nantinya, namun tidak semua aktivitas jemaah harus dibantu oleh petugas sehingga akan sangat baik jika seluruh jemaah memiliki ilmu dan pengalaman terkait haji sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan ibadah haji hingga kembali ke tanah air nantinya. Olehnya itu, melalui Manasik Haji, diharapkan seluruh jemaah dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman maksimal. (Jwd/Wn)

Humas