Asrama Haji Padang Persiapkan Penerapan ISO 9001:2015 untuk Tingkatkan Mutu Layanan

22 Nov 2023 oleh Boy Azhar | dilihat 608 kali

Padang (PHU) --- UPT Asrama Haji Embarkasi Padang telah memulai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dengan mempersiapkan penerapan Standar Internasional ISO 9001:2015, yang dikenal sebagai Sistem Manajemen Mutu.

Dalam rangka ini, UPT Asrama Haji Embarkasi Padang bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dengan menghadirkan Hijriyantomi Suyuthie, S.IP., MM dan Efni Cerya, S.Pd, M.Pd.E. untuk melaksanakan kegiatan awareness ISO 9001:2015 pada rabu (22/11/2023), sore di Studio Mini UPT Asrama Haji Embarkasi Padang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Asrama Haji Padang.

Pelaksana Harian Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang Syahrial Nadir menyampaikan, sebagai bagian dari persiapan, Asrama Haji Padang juga telah memastikan bahwa seluruh ASN mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya ISO 9001:2015.

“Kami memahami bahwa kesadaran akan standar mutu ini merupakan pondasi yang kuat untuk mewujudkan perubahan positif dalam setiap aspek layanan haji dan pelayanan bagi pengguna jasa layanan yang kami sediakan,” ucapnya.

Secara terpisah, Afrizen selaku Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, menyatakan, Dengan melibatkan tim akademisi dari Universitas Negeri Padang, seluruh SDM UPT Asrama Haji Embarkasi Padang dapat membangun pemahaman yang mendalam tentang sistem manajemen mutu ini.

“kami percaya bahwa penerapan ISO 9001:2015 adalah langkah signifikan untuk memastikan bahwa layanan haji dan layanan lainnya bagi pengguna jasa layanan yang kami sediakan mencapai standar mutu internasional.” Tegas H. Afrizen.

Proses awareness ISO 9001:2015 ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat bagi Asrama Haji Embarkasi Padang untuk memulai penerapan pada tahun 2024 mendatang.

Afrizen menekankan pentingnya partisipasi aktif seluruh ASN Asrama Haji Padang dalam menjalankan proses implementasi tersebut. “Keterlibatan penuh dari seluruh tim kami adalah kunci keberhasilan dalam menerapkan standar ini. Dengan demikian, kami dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah haji dan pengguna jasa layanan yang mempercayakan akomodasi mereka kepada kami,” tutupnya.

Langkah Asrama Haji Embarkasi Padang ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan pada sektor ibadah haji dan umrah. Melalui penerapan ISO 9001:2015, diharapkan Asrama Haji Embarkasi Padang dapat memberikan pelayanan yang lebih efisien, transparan, dan terukur kepada seluruh jamaah haji dan pengguna jasa layanan asrama.

Dengan tekad kuat untuk meningkatkan mutu layanan, Asrama Haji Embarkasi Padang siap menjadi pelopor dalam memberikan pengalaman ibadah haji yang bermutu dan terpercaya bagi masyarakat.

Kontributor : Humas UPT Asrama Haji Padang