Manasik Haji di Kab. Buteng, Kakanwil Sultra Ingatkan Jemaah Jaga Kesehatan

30 Mar 2024 oleh Winda Galuh Desfianti | dilihat 20010 kali

Labungkari, Sulawesi Tenggara (PHU) -- Kakanwil Kemenag Prov. Sultra, Muhamad Saleh didampingi membuka kegiatan Manasik Haji Tingkat Kab. Buton Tengah.

Kakanwil mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 telah memasuki tahun ketiga pelaksanaan ibadah haji pasca pandemi, dan Indonesia mendapatkan kuota haji terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji.

"Jumlah jamaah haji Kabupaten Buton Tengah tahun ini berjumlah 28 orang. Persiapkan diri baik dari segi pemahaman dan pengetahuan maupun kondisi fisik. Sebab dua hal ini sangat penting, demi keamanan dan kenyamanan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji," tegas Muhamad di Aula Ma'had MAN 1 Buton Tengah. Sabtu (30/3/2024).

Muhamad Saleh menekankan, Pemerintah dalam hal ini Kemenag, menginginkan penyelenggaraan haji tahun ini adalah penyelenggaraan ibadah haji yang aman dan nyaman. Untuk itu sebagai bentuk tanggung jawabnya, Kemenag memberikan pembekalan melalui bimbingan manasik haji kepada para jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

"Pembinaan manasik haji diberikan kepada jemaah haji secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Dua kali ditingkat kabupaten dan 8 kali ditingkat kecamatan. Sehingga, total jumlah manasik haji yang harus diterima oleh jamaah haji sebelum berangkat adalah sebanyak 10 kali," jelasnya.

Muhamad Saleh mengimbau jemaah haji untuk memperbanyak membaca literatur mengenai pelaksanaan ibadah haji, untuk melengkapi pemahaman terkait proses penyelenggaraan ibadah haji sehingga bisa meraih haji yang mabrur.

Jemaah juga wajib diberikan pembinaan kesehatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian kesehatan. Karena, saat ini Pemerintah menekankan istithaah kesehatan bagi para jemaah haji sebelum melakukan pelunasan biaya haji.

Turut hadir Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra, Nurna Saleh, Kabid PHU Kanwil Marni, Kepala Kantor Kemenag Kab. Buton. Muchtar, Narasumber Pendais Haq serta para Pejabat Pengawas dan Kepala KUA Lingkup Kemenag Kab. Buton.

Penulis : Kontributor