MoU Dengan Saudia Airlines, Kemenag Dorong Peningkatan Standar Layanan

6 Apr 2024 oleh Boy Azhar | dilihat 144590 kali

Jeddah (PHU) --- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan Saudia Airlines merupakan mitra kerja sama Kementerian Agama RI dalam pengangkutan jemaah haji Indonesia yang pelaksanaanya sudah bertahun-tahun. Banyak dinamika pasang surut dalam pengangkutan jemaah haji Indonesia.

“Tahun 2024 Saudia Airlines kembali melakukan pengangkutan jemaah haji tahun ini,” ujar Hilman.

Serangkaian tahapan penyediaan lanjut Hilman sudah dilaksanakan mulai dari seleksi penyediaan, negosiasi harga, pembahasan draft, hingga penandatangan perjanjian kerjasama.

“Tahun 2024M Kementerian Agama bersama Saudia Airlnes mulai melakukan pembahasan perjanjian kerjasama mulai 30 Februari 2024 dan alhamdulillah telah ditandatangani,” ucap Hilman pada saat melakukan penandatangan MoU  Kementerian Agama dengan Saudia Airlines, di Jakarta pada Rabu, 3 April 2024.

Hilman mengatakan bahwa untuk mencapai penandatanganan kerjasama ini cukup berliku dan tidak mudah.

Kedua belah pihak membutuhkan banyak kesabaran, kejelian, dan keuletan dalam bernegosiasi untuk bisa bersepakat untuk saling memahami dan bekerjasama antara Pemerintah Indonesia selaku pengirim jemaah dengan Saudia Airlines selaku penyedia transportasi udara.

“Perjanjian kerjasama ini berisi tentang hak dan kewajiban dari masing-masing pihak dalam rangka memenuhi standar layanan dalam transportasi udara, baik pada masa operasional, saat operasional, dan pasca operasional haji,” ujarnya.

Hilman menambahkan informasi terkait dengan persiapan pengangkutan telah disampaikan oleh Saudia Airlines antara lain berupa kesiapan pesawat yang akan membawa jemaah haji Indonesia yang sudah memiliki jadwal penerbangan resmi yang disetujui GACA untuk mengangkut keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

“Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih baik, lancar, dan terkendali sehingga jemaah dapat beribadah tetap dalam kondisi sehat, aman, dan nyaman,” harapnya.

“Kami sangat berharap semoga tahun ini layanan transportasi udara lebih berkualitas dari tahun lalu,” tutup Hilman.