Singkawang (PHU) -- Inovasi Unggulan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang kembali dilaksanakan dalam pelayanan Bimbingan Manasik Haji, yaitu Sistem Layanan Jemaah Haji ke Rumah (Silajak). Program Silajak ini bertujuan untuk memberikan bimbingan manasik yang lebih dekat dan personal bagi calon jemaah haji, memudahkan mereka dalam memahami proses haji secara mendalam dan langsung di lingkungan yang nyaman.
Pelaksanaan Silajak kali ini bertempat di kediaman Ibu Meutia di Jalan Kesatrian, Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat, pada Selasa malam (29/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, sebagian calon jemaah haji tahun 2025 turut hadir. Kehadiran calon jemaah dalam kelompok kecil ini memungkinkan adanya bimbingan yang lebih intensif dan interaktif.
Hadir sebagai Pembimbing Manasik Haji, Jahri oleh Penyuluh Agama Islam, hadir ji. Dengan penyampaian yang jelas, bertahap, dan sistematis.
Jahri menjelaskan berbagai tahapan dalam proses haji yang akan dilalui para calon jemaah, mulai dari persiapan fisik dan mental, pelaksanaan ritual haji, hingga tips menjaga kesehatan selama di tanah suci.
"Silajak ini kami hadirkan agar calon jemaah dapat lebih maksimal dalam memahami tata cara dan pelaksanaan ibadah haji," ujar Jahri. "Dengan suasana yang lebih personal, kami berharap mereka dapat lebih fokus dan nyaman bertanya atau berkonsultasi seputar persiapan haji."
Program Silajak tidak hanya membantu para calon jemaah dalam mempersiapkan diri untuk ibadah haji, tetapi juga memberikan edukasi yang mendalam agar ibadah dapat dilaksanakan dengan baik sesuai tuntunan agama. Inovasi ini menjadi langkah konkret dari Kemenag Kota Singkawang untuk memberikan layanan yang optimal bagi para calon jemaah haji.
Dengan adanya Silajak, Kemenag Singkawang berharap dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan mendekatkan diri kepada masyarakat. “Program ini menjadi wujud perhatian kami agar ibadah haji berjalan lancar dan sesuai dengan syariat, di mana para calon jemaah bisa lebih siap dari segi ilmu dan kesiapan diri,” pungkas Jahri.
Melalui inovasi seperti Silajak, Kemenag Singkawang terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan publik yang memudahkan dan mengedukasi masyarakat, khususnya dalam rangka menyongsong musim haji tahun 2025.