Bimtek Haji 2024 Berakhir, Dirjen Harap PPIH Kompeten dan Moderat Melayani Jemaah

28 Mar 2024 oleh Amnia Salma | dilihat 32749 kali

Jakarta (PHU)-- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengucapkan selamat kepada peserta atas konsistensi keikutsertaan dalam Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi terintegrasi. Menurut Hilman Latief, para peserta bimtek telah Mengikuti acara secara tertib, terstruktur dan akuntabel.

"Hal ini merupakan proses pembinaan dan pembimbingan Petugas Haji sebelum melayani Jemaah Haji," jelas Hilman pada penutupan Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi Terintegrasi pada Rabu (27/03/2024).

"Kami harap para Petugas Haji dapat menjadi Petugas yang kompeten, moderat, memiliki dedikasi tinggi yang berdampak luas pada penyelenggaraan haji," sambungnya.

Sebanyak 1.120 Petugas yang terdiri dari 890 petugas yang lulus seleksi dari tingkat daerah maupun pusat dan lembaga TNI/Polri organisasi masyarakat dan Kementerian Kesehatan sebanyak 230 orang.

Pada pelaksanaannya, materi yang disampaikan dalam bimtek ini lanjut Hilman cukup beragam dan cukup penting untuk bekal Petugas Haji.

"Komitmen dan etika publikasi, layanan ramah lansia, kebijakan penyelenggaraan Haji, indeks kepuasan haji, termasuk juga moderasi beragama, pengawasan petugas haji, layanan armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) dan gladi Posko," ungkap Hilman.

Lebih lanjut Hilman menjelaskan bahwa pemateri dalam Bimbingan Teknis ini berasal dari berbagai bidang yang kompeten di bidangnya.

"Pemateri berasal dari Kementerian Agama, Kementerian kesehatan, pusdiklat dan para praktisi profesional," kata Hilman.

"Bimtek ini juga didampingi 77 fasilitator yang berpengalaman pada bidangnya," imbuhnya.

Para Petugas Haji yang lulus rencananya akan diberangkatkan pada Mei 2024. Pemberangkata tersebut diawali oleh Tim Advance pada awal Mei, selanjutnya Petugas Haji diberangkatkan bergelombang sesuai dengan daerah kerja masing-masing.

Turut hadir Komisi VIII DPR RI, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kepala Bintal TNI dan Kabiro SSDM Polri, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama, Pejabat Eselon II Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama.

Fotografer : Winda Galuh

Editor : Benny