Sesditjen PHU: Asrama Haji Banten Jadi Perhatian Khusus Kemenag

14 Mar 2024 oleh Mustarini Bella Vitiara | dilihat 42561 kali

Tangerang (PHU) --- Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Setditjen PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah mengatakan persiapan penyelenggaraan haji baik di dalam negeri dan Arab Saudi terus dimaksimalkan jelang dimulainya pemberangkatan perdana jemaah haji Indonesia pada 12 Mei 2024.

Salah satu persiapan yang menjadi perhatian khusus Kementerian Agama tahun ini adalah UPT Asrama Haji Embarkasi Banten di Tangerang.

Hal ini disampaikan Ahmad Abdullah saat mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik rombongan Komisi VIII DPR RI ke Tangerang, Provinsi Banten dalam rangka Pengawasan Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M.

"Secara umum persiapan sudah berjalan, mulai persiapan dalam negeri dan luar negeri, progres pelunasan, layanan konsumsi, transportasi, akomodasi, identitas jemaah hingga persiapan asrama haji. Tahun ini akan direalisasikan proyek SBSN untuk Asrama Haji Banten senilai 43 miliar. Diharapkan berjalan sesuai harapan dan kebutuhan pelayanan Jemaah Haji di Provinsi Banten," kata Ahmad Abdullah, Kamis (14/3/2024).

"Saat ini UPT Asrama Haji di Indonesia sedang melakukan sertifikasi manajemen mutu berkaitan dengan pelayanan, administrasi dan keuangan dengan tujuan peningkatan layanan dan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kedepan kita akan berupaya meningkatkan status asrama haji menjadi Badan Layanan Umum atau BLU," sambung Abdullah.

Tampak hadir dalam kunjungan kerja spesifik tersebut Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi beserta jajaran pimpinan dan anggota Komisi VIII, Forkopimda Pemkot Tangerang serta Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama Saiful Mujab.

Terkait persiapan transportasi udara jemaah, dijelaskan Ahmad Abdullah untuk kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia sudah final. Sementara itu dengan maskapai Saudia Airlines dalam waktu dekat ini akan dilakukan perjanjian kerja sama.

"Dalam pekan ini Dirjen PHU akan bertolak ke Saudi untuk penandatanganan kontrak kerja sama. Mudah-mudahan layanan penerbangan tahun ini berjalan dengan lancar, begitu juga dengan layanan di Arab Saudi. Sebelum 15 Ramadhan kontrak semua layanan sudah selesai," harap Ahmad.

Penulis: Benny Andriyos

Fotografer: Tree Agung Nugroho